Sabtu, 21 Januari 2012

Apakah Penyakit Pernapasan itu?

Meskipun semuanya menunjukkan gejala yang serupa, penyakit yang menyerang sistem pernapasan memiliki karakteristik yang sangat berbeda dan memerlukan perlakuan khusus.

Karena penyakit-penyakit pernapasan memiliki gejala yang mirip, Anda harus berkonsultasi dengan seorang dokter untuk memberikan diagnosis yang tepat. Kadang kala, ketika gejalanya timbul, Anda dapat beristirahat dan meminum obat penghilang sesak naps yang dijual bebas di pasaran Namun, apabila gejalanya berlanjut, maka Anda harus pergi ke dokter. Berada di luar rumah ketika udara dingin jarang sekali menyebabkan penyakit pernapasan. Umumnya, penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus ataupun bakteri. Infeksi pernapasan yang paling umum terjadi adalah:

- Pilek Dada Umum. Gejalanya antara lain sakit kepala, terutama rasa sakit pada telinga, hidung, dan tenggorokan, bersin-bersin, lendir, batuk, dan kadang-kadang demam.
- Flu. Ketika menderita flu, Anda mengalami infeksi pada bagian alas astern pernapasan. Anda dapat terkena flu akibat virus di udara atau kontak langsung dengan orang yang terinfeksi. Infeksi tersebut menyerang secara tiba-tiba dengan gejala seperti sakit tenggorokan, sakit kepala, rasa lelah, tubuh errata sakit, kehilangan sclera makan, batuk, dan demam. Apabila gejala ini berlangsung selama beberapa hari, sebaiknya Anda periksa ke dokrer.
- Agina. Gejalanya antara lain sakit tenggorokan yang berat, kadang-kadang disertai dengan amandel membengkak, sake kepala, dan demam. Dapat disebabkan oleh bakteri atau virus dan jarang sekali karma infek-si miotik.

Penyakit-penyakit pernapasan lainnya adalah:
- Tonsillitis (radang tonsil), laringitis (radang taring atau pita suara), faringitis (radang renggorokan). feksi-infeksi ini menunjukkan gejala serupa: demam, sakit tenggorokan, sakit kepala, batuk, dahak, tekanan pada dada dan kesulitan menelan dan bernapas.
- Sinusitis (radang sinus). Rasa sakit atau tekanan pada beberapa daerah di wajah (dahi, pipi atau di antara kedua mata), hidung tersumbat, demam dan ingus berwarna hijau atau kuning kental merupakan tanda-tanda sinusitis. Rinitis (peradangan pada lapisan hidung). Gejalanya antara lain bersin-bersin dan hidung berair dan atau gatal.
- Bronkitis (peradangan pada cabang tenggorokan). Beberapa gejala paling umum adalah batuk, napas berbunyi, demam, dan rasa nyeri di dada.
- Pleuritis (radang pleura). Umumnya disebabkan oleh infeksi pada membran yang membungkus paru-paru, namun dapat pula berhubungan dengan pneumonia atau infeksi pada organ lainnya yang berdekatan dengan tenggorokan. Ketika bernapas, terasa sakit menusuk pada dada dan bahu, yang disebabkan oleh cairan yang terakumulasi di membran.
Umumnya pleurisi disertai dengan demam tinggi.
- Pneumonia (infeksi atau radang paru-paru). Dapat disebabkan oleh berbagai mikroorganisme: virus atau bakteri (namun dapat pula disebabkan oleh bahan-bahan kimia korosif atau gas-gas beracun). Gejalanya muncul dengan tiba-tiba dan dapat disertai dengan nyeri pada dada, demam, gemetar, dan rasa dingin. Penyakit ini perlu penanganan medis dengan segera.

sumber : http://jurnaldokter.com/2011/04/02/apakah-penyakit-pernapasan-itu


Tidak ada komentar:

Posting Komentar